Aku Tidak Adil

Aku hanya sedang merasa tidak adil.
Bagimana mungkin tidak dinamakan tidak adil? Lihat saja ilustrasi ini.

Aku sering selalu membebani orang lain dengan masalahku. Atau dengan kata lain sering aku membagi masalahku dengan orang-orang lain tersebut.
Misalnya saja, aku sering dan selalu menghubungi A* (orang-orang yang dihubungi) jika aku merasa memiliki masalah. Aku akan memberikan semua keluh kesahku kepada A*, aku akan menangis di A*, aku akan menceritakan masalah-masalah yang mungkin ngga penting ke A*, lalu aku akan membuat A* bingung dengan aku, lalu aku membuat A* merasa harus membantu aku menyelesaikan masalah-masalahku, dll.
Kemudian A* akan membantu mencari solusi, akan memberi nasihat, akan menghibur aku, akan membuat aku tersenyum lalu tertawa, akan membuat aku menjadi baik-baik saja kembali.

Namun, itu hanya sepihak. Jadi, A* akan membantu aku dan membuat aku tersenyum, bahkan tertawa. Dan aku hanya bisa memberi beban kepada A*, memberi masalah kepada A*. Tapi, A* tidak pernah memberiku hal yang aku beri kepada A* (sebut saja; masalah, duka, amarah, tangis, keluh). A* hanya selalu memberi aku tawa, senyum, bahagia, canda (lebih tepatnya membuat aku tersenyum, tertawa, bersyukur, bahagia).

Sekarang, aku benar-benar merasa tidak adil kepada A*. Dan, aku juga merasa tidak enak jika harus membebani hal-hal tersebut lagi kepada A*, jika selalu saja aku yang menyusahkan dan A* tidak pernah balas melakukannya kepada aku.
Aku minta maaf kepada A* atas hal-hal yang telah aku sebutkan tadi dan apa yang aku lakukan.
Dan juga, aku sangat berterimakasih sekali (terimakasihku tak dapat aku ungkapkan dengan kata-kata) atas itu semua, atas semua yang telah A* lakukan.
Lalu, untuk sekarang dan yang akan datang, apa yang bisa aku lakukan untuk kamu A*?




*di sini aku tidak akan menyebut nama, tapi aku rasa kamu-kamu yang bersangkutan sudah tahu.



:)

Komentar

  1. Bukankah seharusnya kamu merasa beruntung punya seseorang yang bisa membantumu ?

    Salam hangat selalu...

    BalasHapus
  2. A true friend won't ever feel burdened when his/her friends share their problems. They'll be glad if they can help you, ya know?
    That's what a friendship is.
    ^_^
    (My best friend told me about this.
    Still, I don't get it)

    BalasHapus

Posting Komentar

jangan lupa kasih komentar ya?
makasih atas komentarnya,, pasti akan sangat bermanfaat :)

Postingan Populer