Public Talk with Peter Young: The Self Knowledge

Ini adalah laporan dari acara bertajuk Public Talk with Peter Young yang diselenggarakan 27 Oktober lalu di Universitas paramadina



Bagi yang belum tahu, Peter Young adalah kepala sekolah dari Beshara School, sebuah sekolah yang mengajarkan pentingnya pengetahuan mengenai diri sendiri. Diri sendiri atau ‘aku’ yang diajarkan oleh Beshara School sangatlah berbeda dengan ‘aku’ yang diajarkan oleh masyarakat pada umumnya. Dijelaskan olehnya bahwa ’aku’ yang dimaksud adalah sebuah cermin dari seluruh semesta dan apa yang kita lakukan terhadap ’aku’ akan mempengaruhi semesta kita secara keseluruhannya. Sederhananya, di dalam diri setiap manusia terdapat sebuah semesta kecil yang dapat mempengaruhi semesta raksasa ini dan disebut ’aku.’ Inilah pengetahuan yang berusaha diajarkan oleh Peter Young dan Beshara School, sebuah pengetahuan yang sebenarnya sangat dekat dengan manusia namun jarang sekali disadari, yaitu Self Knowledge.


*** 

Sebelumnya perlu diketahui bahwa pengetahuan mengenai diri sendiri bukanlah jenis pengetahuan yang dapat diajarkan atau ditransfer seperti pengetahuan alam dan pengetahuan sosial. Hal ini disebabkan pengetahuan mengenai diri sendiri adalah sesuatu yang ada dalam setiap diri manusia dan hanya manusia yang bersangkutanlah yang sanggup mengetahuinya. Pengetahuan mengenai diri sendiri hanya dapat ditemukan oleh diri sendiri dan tidak ada seorangpun yang bisa. Kalau begitu apa sebenarnya fungsi dari pendidikan yang diberikan Beshara School ini? Fungsinya semata-mata hanya untuk menyadarkan bahwa kita memiliki sesuatu yang sangat luar biasa dalam diri kita yang telah lama kita lupakan.

Selama ini kita dibuat percaya bahwa kita sangat mengenal diri kita sendiri. Bahwa ’aku’ adalah ’aku’ yang seutuhnya dan orisinil, tapi kenyataannya kita sangat tergantung pada orang lain untuk menciptakan ’aku’ yang kita inginkan. Kita akan mengikuti kata-kata orangtua, kata-kata orang terkenal, kata-kata guru, dokter, artis, dll sampai ’aku’ yang sesungguhnya menjadi tersingkir dan digantikan oleh ratusan bahkan ribuan ’aku’ dari orang lain tersebut. Inilah poin terpenting yang ingin diajarkan oleh Beshara School yaitu betapa pentingnya ’aku’ yang sesungguhnya itu.

Kalau begitu sebenarnya siapakah ’aku?’ Dia adalah wujud kesadaran diri kita yang paling utama dan sudah ada sejak Tuhan meniupkan ruh ke jasad kita. Dia ada dalam diri setiap manusia dan dia adalah sesuatu yang sangat unik yang tidak akan dimiliki oleh orang lain. Dia adalah cermin dari semesta dan sesungguhnya setiap hal yang kita lakukan pada semesta akan mempengaruhinya begitu pula sebaliknya. ’aku’ adalah sebuah harta karun yang tersembunyi dan ’aku’ sangat ingin diketahui, maka ’aku’ menciptakan dunia dimana ’aku’ akan diketahui. Siapakah ’aku?’ hanya diri sendirilah yang dapat menjawabnya.

*** 

Menemukan ’aku’ bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk seseorang yang di dalam dirinya sudah memiliki banyak sekali ’aku,’ tapi itu bukan berarti tidak mungkin. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menemukan diri sendiri atau ’aku’ itu adalah dengan memejamkan mata,


Kemudian rasakanlah udara yang mengalir di kerongkonganmu,



Dengarkanlah suara-suara kecil yang jarang kamu perhatikan,



Suara kertas yang tertiup angin,



Suara gesekan rerumputan dengan ilalang, 




Suara gemericik air yang jatu setetes demi setetes dari keran yang rusak



Suara hatimu yang terdalam,



Dan pusatkan perhatianmu kepada suara itu,



Sampai kamu dapt menemukannya.



Inilah tahap awal dari pembelajaran Self Knowledge, sebuah langkah yang berani dan tidak semua orang berhasil melakukannya dengan sekali coba. Setelah berhasil menemukan ’aku’ tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari ’aku’ dengan seksama. Prinsip yang digunakan untuk mempelajarinya adalah learn from the object (mempelajari suatu obyek harus berdasarkan sudut pandang obyek tersebut dan bukan sudut pandang subyek pengamat).

Seperti yang dikatakan sebelumnya, diri sendiri atau ’aku’ adalah sesuatu yang sangat istimewa dan tidak mungkin ada dua orang yang memiliki ’aku’ yang sama. Namun diri sendiri atau ’aku’ juga merupakan sesuatu yang amat rumit hingga tidak dapat didefinisikan hanya melalui pikiran kita semata. Mempelajari ’aku’ hanya dapat dilakukan dengan bertanya langsung kepada ’aku’ tersebut. Hal ini jelas membutuhkan konsentrasi yang amat kuat dan waktu yang tidak singkat. Memfasilitasi proses pembelajaran ’aku’ ini adalah tugas utama dari Beshara School.


*** 

Pada akhirnya, pengetahuan mengenai diri sendiri akan membuka jalan bagi pengetahuan-pengetahuan lainnya. Hal ini disebabkan pengetahuan-pengetahuan yang berada di seluruh semesta raksasa ini sesungguhnya adalah proyeksi dari diri sendiri atau ’aku.’ Dengan mengetahui dan memahami ’aku,’ seseorang akan menguasai semesta dengan mudah dan kebahagiaan pun pasti akan diraihnya.

Kira-kira itulah yang bisa kutangkap dari semua yang disampaikan oleh Peter Young. Mungkin ada beberapa yang tidak sesuai dengan pandangan si pemberi materi, tapi kurasa itu wajar mengingat materi yang diajarkannya bukanlah materi yang umum dan sejujurnya sangat rumit. Pada akhirnya aku bertanya padanya, ”Bagaimana model pendidikan yang tepat untuk mengetahui dan memahami Self Knowledge dengan mudah?” Jawabannya adalah tidak ada.

Komentar

Postingan Populer