Radang Tenggorokan??



Radang tenggorokan merupakan suatu penyakit yang terjadi pada tenggorokan,di mana terjadi peradangan atau inflamasi pada tenggorokan. Radang tenggorokan sendiri itu dibedakan menjadi faringitis, laryngitis, maupun tonsillitis. Kalau peradangan terjadi pada bagian faring, maka disebut faringitis. Kalau perdangan terjadi lebih dalam lagi hingga mencapai laring, maka disebut laryngitis. Kalau peradangan mengenai tonsil, maka disebut degan tonsillitis. Untuk tonsillitis ini sendiri biasanya lebih menyakitkan dan perkembangan penyakitnya juga lebih lama.

Radang pada tenggorokan bisa disebabkan oleh beberapa hal, biasanya adalah karena virus atau bakteri. Selain itu juga bisa disebabkan karena alergi yang dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan; batuk-pilek (lendir pada saat batuk dan pilek dapat mengiritasi tenggorokan); dan juga merokok. Mengkonsumsi makanan yang iritan juga dapat menyebabkan terjadinya radang pada tenggorokan, seperti emping atau makan yang mengandung minyak yang tidak bagus.




Peradangan pada tenggorokan umumnya sekitar 80% disebabkan oleh virus dan 10-20% disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Meskipun begitu, radang yang disebabkan oleh Streptococcus ini dampaknya lebih serius daripada yang disebabkan karena virus. Radang yang disebabkan bakteri ini bisa terjadi karena penderita tertular oleh penderita radang Streptococcus terlebih dahulu. Pengobatannya, biasanya menggunakan obat antibiotika. Apabila radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri ini tidak segera ditangani dengan memberikan obat antibiotic, maka akan menjadi semakin parah dan kumannya dapat menyerang hingga katup jantung yang dapat menyebabkan demam Rhematika. Namun, untuk yang disebabkan oleh virus, tidak dilakukan pengobatan dengan menggunakan obat antibiotika karena peradangan yang disebabkan oleh virus ini bersifat self limiting decease, akan sembuh sendiri ketika daya tahan tubuh sudah bisa membaik. Selain itu, pemberian antibiotik juga menyebabkan resistensi sehingga kuman akan menjadi kebal dan tidak akan mati-mati, dan penyakit yang diderita juga tidak akan segera sembuh.

Gejala-gejala yang biasanya timbul akibat dari peradangan pada tenggorokan adalah sakit pada tenggorokan yang terasa kering, pedih atau gatal; demam atau kadang juga tidak disertai dengan demam (namun untuk yang disebabkan oleh Streptococcus biasanya disertai demam tinngi > 38˚C disertai dengan rasa menggigil); suara parau; ada cairan pada hidung; sakit untuk menelan.

Untuk pengobatan yang efektif, perlu kita ketahui dahulu apa penyebab dari radang itu sendiri. Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka kita dapat menentukan pengobatan yang tepat untuk radang tersebut. Istirahat yang cukup juga dapat mempercepat penyembuhan.


Semarang, 8 Februari 2012
_rida_

Komentar

Postingan Populer