Harus Menulis


Hari ini saya dipaksa untuk menulis, entah mengapa. Tetapi sekarang saya jadi bingung apa yang harus saya tulis. Sebenarnya, dari kemarin dan beberapa jam lalu pun saya juga kepikiran untuk menulis sesuatu. Namun, karena memang penyakit pelupa saya, jadilah saya lupa apa yang mau saya tulis karena tidak langsung saya tuliskan.

Karena hal di atas, saya sekarang jadi ingat tentang apa yang pernah disampaikan kaka kelas saya mengenai sebuah ide. Jadi, dalam suatu acara dia pernah menyampaikan bahwa saat ini banyak yang mengeluhkan tentang bagaimana caranya mendapatkan ide. Lalu, dia berkata kalau sebenarnya itu memang tidak mudah jika kita hanya berpikir bagaiman mendapatkan ide. Namun, biasanya ide itu didapat dari apa yang kita lakukan atau kit abaca atau kita lihat atau apapun yang kita alami dan apapun yang ada di sekitar kita jika kita mau memikirkan hal tersebut. Misalnya saja nih ya, kita melihat adanya suatu fenomena di alam lalu kita berpikir itu adalah masalah, kalau kita mau berpikir lagi, pasti aka nada pertanyaan-pertanyaan dari dalam diri kita sendiri. Misalnya, mengapa masalah tersebut bisa terjadi? Apa dampaknya? Lalu, bagaimana caranya mengatasi dan mencegah agar masalah tersebut tidak bertambah besar?


Menurut apa yang saya tangkap dari pernyataan kakak kelas saya, saya menyimpulkan bahwa ide itu akan datang ketika kita melihat suatu masalah. Kemudian, dari masalah tersebut, membuat kita memikirkan banyak hal. Dari situ kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari diri kita sendiri. Mungkin, kita bisa menemukan jawabannya dengan mendiskusikan dengan orang lain atau bisa dengan cara lain. Dengan begitu, kita memiliki rumusan bagaimana kira-kira langkah yang mungkin bisa ditempuh dalam menghadapi masalah yang kita temukan tadi. Dan mungkin, rumusan yang kita temukan tersebut bisa menjadi jawaban.

Tapi, ada satu poin lagi yang penting, yaitu, ketika kita menemukan masalah dan pertanyaan-pertanyaan, dan kemungkinan jawaban, sebaiknya langsung kita tuliskan dimana saja sebisanya. Setidaknya, dengan begitu kita tidak akan lupa begitu saja. Dan nanti ketika kita sudah bisa meluangkan waktu untuk benar-benar menuliskannya, kita juga tidak lupa, seperti saya ini.

Sekian yang bisa saya sampaikan saat ini. Semoga bisa dimengerti dan bermanfaat.

Semarang, 22 September 2012
10.56 a.m.
_rida

Komentar

Postingan Populer