Sebuah Keterkesanan


Perempuan Bali, sejak dulu ketika saya masih menginjak umur awal belasan saya sudah begitu terkesan dengan mereka. Bahkan, hingga sekarang pun saya masih terkesan dengan para perempuan Bali. Di samping dari tariannya yang begitu indah di mata saya, saya melihat kisah hidup perempuan Bali yang hebat juga. Ditambah lagi setelah saya menonton suatu tayangan di sebuah acara televisi yang membahas mengenai perempuan Bali, beberapa tahun silam.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin sekali membahas mengenai perempuan Bali. Namun, seperti biasa, sebelum saya menuliskan apa yang ingin saya bahas, saya mulai menambah informasi mengenai hal tersebut, yaitu perempuan Bali. Sebab tidak mungkin saya hanya bisa menuliskannya dengan hanya mengandalkan pengetahuan yang masih sangat terbatas yang telah saya dapat semenjak bertahun-tahun lalu.

Tetapi, pada kenyataannya, setelah membaca sekian banyak artikel yan mengulas mengenai perempuan Bali, saya malah hanya bisa terdiam. Terlalu banyak yang ingin saya sampaikan. Dan betapa rumitnya menyampaikan hal-hal yang ternyata tidak sesederhana dengan apa yang saya rasakan.

Jadi, di sini saya minta maaf, ternyata setelah menulis sekian kata ini, saya tidak dapat membahas mengenai perempuan Bali saat ini juga. Saya merasa masih belum pantas untuk menuliskannya dan saya menjadi tetap semakin terkesan kepada mereka-mereka.

Untuk siapa saja yang membaca tulisan ini saya hanya bisa menyarankan untuk mencoba mencari informasi lain mengenasi perempuan Bali. Sebab apa yang ada dalam kehidupan mereka terlihat begitu menarik.

Dan satu, saya sangat menyukai gambaran mengenai perempuan Bali yang selalu digambarkan sebagai seorang figure perempuan yang mandiri, ulet, beretos kerja tinngi, tetapi mereka tetap memiliki sebuah bakti kepada keluarga mereka yang amat tinngi.


Semarang, Januari 2013
-rida

Komentar

Postingan Populer