Rabu, Maret 13, 2013

Sebuah Tulisan tentang Tulisan


Tulisan bukanlah sekedar tulisan. Tulisan merupakan sebentuk ide manusia yang kemudian dibekukan agar dapat disampaikan pada manusia-manusia lainnya. Namun berbeda dengan media lainnya yang juga digunakan untuk menyampaikan ide, seperti komunikasi verbal, tulisan tidak akan terpengaruh oleh ruang dan waktu. Sebuah tulisan dapat membekukan ide dalam ruang apapun mulai dari selembar daun, dinding-dinding gua, kertas kosong, bahkan sampai langit yang luas pun dapat menjadi ruang bagi sebuah tulisan. 

Dan yang lebih hebatnya lagi adalah, ide yang disampaikan melalui tulisan dapat melintasi waktu. Jika kita berbicara, maka kita hanya dapat menyampaikan ide pada orang-orang yang mendengarkan kita sewaktu kita berbicara saja. Namun tulisan tidak akan memiliki kendala seperti itu. Tulisan dapat menyampaikan ide pada orang-orang yang hidup 1,000 tahun setelah kita. Lihat saja bagaimana Plato masih dapat bergabung dalam diskusi mahasiswa Hubungan Internasional angkatan 2011 meskipun ia hidup di masa ratusan tahun sebelum masehi. Semua itu dapat terjadi karena Plato menulis. Ide yang ditulis oleh Plato kemudian tersampaikan pada para mahasiswa yang hidup dua ribu tahun setelah kematiannya, dan didiskusikan kembali. Ini menunjukkan bahwa ide yang dibekukan dalam bentuk tulisan dapat menjadi abadi.

Tulisan adalah sebuah penemuan terhebat yang pernah ditemukan oleh manusia. Sebuah penemuan yang jauh lebih besar dari mesin uap yang mendefinisi ulang bagaimana manusia menyusun struktur masyarakatnya. Sebab tulisan adalah yang membuat manusia bisa lebih unggul dari makhluk-makhluk Allah lainnya. Melalui tulisan, manusia dapat mengetahui apa saja yang telah dilakukan oleh orang-orang sebelum mereka. Dengan begitu, mereka dapat belajar dari kesalahan-kesalahan mereka, sehingga tidak akan mengulanginya lagi di masa kini. Dengan begitu, mereka juga dapat meneruskan peninggalan-peninggalan yang belum sempat diselesaikan oleh orang-orang sebelumnya. Melalui tulisanlah, manusia dapat berevolusi dengan sangat cepat melebihi hewan dan tumbuhan yang tidak pernah dapat belajar dari penglaman pendahulu mereka.

Akhir kata, tulisan itu spesial dan ia harus diperlakukan secara spesial :)


0 komentar,kritik, dan saran:

Poskan Komentar

jangan lupa kasih komentar ya?
makasih atas komentarnya,, pasti akan sangat bermanfaat :)