1/12

Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, semoga rahmat, berkat dan kasih sayang-Nya selalu dilimpahkan kepada para penderita AIDS di seluruh dunia.


Setiap tahunnya, sejak tahun 1988, tepatnya pada tanggal 1 Desember, umat manusia memperingati hari AIDS Sedunia. Peringatan ini sama sekali bukan hal yang patut diselamati atau disambut dengan gembira karena peringatan ini adalah untuk mengingatkan kita, bahwa umat manusia masih belum menang sepenuhnya dari penyakit ganas dan menular bernama AIDS. Sampai akhir tahun 2010, tercatat 34 juta orang yang hidup bersama penyakit ganas ini. Sebagian diantaranya mendapatkan perlakuan medis yang baik sementara sebagian lainnya hidup tanpa mendapat perlakuan medis, bahkan ada yang dikucilkan dari masyarakat karena takut tertular. Pengucilan terhadap penderita AIDSini sangat sangat salah karena seorang penderita AIDS sangat membutuhkan support yang kuat dari orang-orang terdekatnya untuk bertahan hidup. Oleh sebab itu, pengetahuan yang baik mengenai AIDS dan cara-cara penularannya sangatlah penting untuk kita ketahui.


AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah penyakit yang disebabkan oleh virus bernama HIV dan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Satu hal yang perlu diketahui adalah, penyakit ini tidak dapat membunuh manusia. Satu-satunya yang dapat dilakukan oleh penyakit ini adalah merusak benteng pertahanan manusia yang diwakili oleh sel darah putih. Setelah berhasil dilakukan, barulah puluhan penyakit masuk menyerang dan menggerogoti tubuh manusia hingga napas terakhirnya berhembus.

Yang paling mengerikan dari AIDS adalah, kita tidak dapat mengetahui apakah kita menderitanya atau tidak. Hal ini disebabkan gejala dari peyakit AIDS baru dapat terlihat kurang lebih sepuluh tahun dari injeksi HIV pertamanya. Selama kurun waktu sepuluh tahun itu, penderita AIDS  masih akan terlihat sehat dan melakukan rutinitasnya seperti biasa. Kenyataannya, selama kurun waktu itu pula, orang tersebut dapat menyebarkan virusnya pada siapapun. Namun tidak perlu khawatir, karena virus HIV bukanlah virus yang menyebar melalui udara seperti flu ataupun menyebar melalui sentuhan seperti cacar.

Virus HIV, yang menyebabkan penyakit AIDS, menular melalui cairan tubuh manusia, terutama darah dan air mani. Mekanismenya, penularan itu akan terjadi jika seseorang melakukan pertukaran cairan tubuh dengan orang yang terjangkit virus HIV, misalnya:
1. Melakukan hubungan seksual
2. Melakukan transfusi darah
3. Menggunakan jarum suntik yang telah dipakai penderita AIDS
4. Mengalami gesekan luka luar dengan penderita AIDS yang sedang mengalami luka pula
5. Dilahirkan oleh ibu yang menderita AIDS

Oleh sebab itu, selalu disarankan bagi kita untuk menutup luka luar yang dimiliki agar terhindar dari penyakit yang menular melalui darah seperti AIDS. Menggunakan jarum suntik yang telah disterilkan, juga merupakan suatu kewajiban yang sama sekali tidak boleh diremehkan. Selain pertukaran cairan tubuh, tidak ada lagi yang dapat menularkan virus HIV, jadi seseorang tidak perlu khawatir untuk berinteraksi dengan penderita AIDS selama interaksi tersebut tidak melibatkan pertukaran cairan tubuh.

Pada akhirnya, orang-orang harus menyadari bahwa AIDS adalah penyakit berbahaya yang masih akan meneror kehidupan kita hari ini. Perlu diketahui bahwa penderita AIDS paling banyak adalah orang-orang dengan usia produktif (antara 15-49 tahun). Orang-orang tersebut pasti masih memiliki mimpi-mimpi indah yang ingin ia wujudkan di dunia ini, namun semua itu akan sulit ia lakukan karena terhambat virus mengerikan ini.

Sampai sekarang memang belum ditemukan vaksin yang dapat menghabisi virus HIV, namun itu tidak boleh membuat kita putus asa. AIDS harus dilawan dan dicegah, namun penderitanya harus kita lindungi dan kita sayangi. Mereka, para penderita AIDS yang sekarang, adalah ksatria tangguh yang telah berkorban dan terus berjuang menghadapi penyakit tak tersembuhkan ini.

Semoga pengorbanan yang dilakukan mereka dapat menghasilkan suatu obat yang akan melindungi generasi mendatang dari virus HIV dan semoga Allah selalu melindungi mereka dengan kasih sayang-Nya selamanya.

memperingati hari AIDS sedunia 1 Desember 2011

Komentar

Postingan Populer