Masalah? Hadapi Ajalah

Sejak blog ini sudah kembali normal, aku berjanji untuk mulai rajin menulis kembali, setelah sekian lama berada dalam keadaan takut untuk menulis haha. Walaupun aku tahu kemampuan menulisku saat ini masih sangat jauh sekali dari cukup. Tapi, kita nggak akan bisa menjadi lebih baik kalau tidak mau belajar dan mencoba kan?

Seperti yang aku bilang tadi, selama beberapa tahun ini aku mengalami ketakutan dalam menulis. Memang kadang aku masih menulis, tapi sangat berhati-hati dan sering kali langsung aku hapus. Dan kebetulan, aku juga lupa dengan password blog ini. Tapi setelah aku berpikir, tidak baik rasanya jika terus-menerus berada dalam ketakutan. Dan dalam beberapa pekan terakhir ini aku mencoba untuk berusaha berdamai dengan diri sendiri dan berusaha menata diri dengan mencoba menghilangkan ketakutan itu.

Aku tahu, usaha untuk mulai menata kembali diri sendiri tidak akan mudah, apalagi dibarengi dengan usaha untuk mencapai kesepakatan dengan suatu masalah. Contohnya ketakutan untuk menulis ini. Tapi, jika aku biarkan terus menerus, aku tidak akan pernah lepas dari masalah ini. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba. Aku juga sadar, usaha untuk menata kembali diri sendiri untuk kembali menulis juga tidak akan berlangsung dengan instan. Semua butuh waktu, bisa cepat atau lambat. Tapi akhirnya membuahkan hasil kan? Sedikit demi sedikit aku mulai berani menulis. Aku mulai mencari tahu bagaimana mengembalikan blog ini. Aku mulai sedikit demi sedikit mau memasang tulisanku di blog ini, ya walaupun semua nggak serta merta langsung aku tampilkan. Tapi aku yakin, dengan aku tetap berusaha dan mau menerima diriku sendiri, aku akan bisa sukses keluar dari masalah ini.

Dari cerita sederhanaku ini, aku harap bisa memberi manfaat, dan khususnya memberikan pelajaran dan bisa menjadi pengingat untuk diriku sendiri. Apapun sedang aku lalui, seberat apapun, aku tidak perlu memberatkan diri sendiri. Yang perlu aku lakukan adalah menata diri sendiri agar siap menghadapi itu dan terus berusaha untuk menyelesaikan masalah apapun yang ada. Bukannya malah lari dari masalah dan menutup diri. 

Jakarta, 18 September 2018
-rida

Komentar

Postingan Populer