Pemikiran Kecil


Haluu, sekarang aku mau sedikit berbagi pikiranku saat ini.

Sebelumnya, aku mau bertanya, apa yang akan kamu lakukan jika kamu mendengar suatu berita bencana (sebut saja kebakaran) dan lokasinya tidak jauh dari tempatmu berada saat itu? Panik, takut, penasaran atau yang lainkah yang kamu rasa?
Yap, kebanyakan orang (selama aku mengamati) akan menghampiri tempat tersebut. Ada yang mencoba menolong, ada yang cuma histeris, atau bahkan cuma melihat saja. Dan yang pasti ada dalam kejadian seperti itu adalah kerumunan massa. Dan biasanya (dari pengamatanku) semakin lama massa akan semakin banyak –dengan catatan kejadian masih aktual-. Sering aku mendapat fakta kalau ternyata kebanyakan massa itu cuma ingin menyaksikan kejadian tersebut dan hanya melihat karena penasaran.
Sebenarnya kerumunan massa itu tidak salah. Wajar saja jika mereka penasaran dan ingin melihat langsung. Hanya saja, sering saya berpikir kalau sebenarnya sadar atau tidak sadar, itu membahayakan mereka jika mereka terlalu dekat. Selain itu, mereka juga bisa menghambat jalannya evakuasi korban. Padahal, dalam keadaan seperti itu, evakuasi korban sangat perlu dilakukan.
Di sini aku bukan mau menyalahkan mereka, seperti yang sudah aku tulis, itu semua wajar. Hanya saja, kita juga perlu memperhatikan hal-hal tersebut tadi. Sebenarnya juga, aku menulis ini berdasar pada kejadian tadi sore. Aku melihat ada suatu kebakaran di salah satu rumah sakit umum. Jujur sih, awalnya aku mau nulis tentang berita kebakaran itu, cuma aku ngga dapat narasumber dan ngga liat langsung di depan mata dan ngga tahu pasti kronologinya hehe. Yasudah, berhubung tiba-tiba ada hal lain yang menjadi perhatianku, jadilah aku menulis ini.
Kejadian yang aku lihat itu, di sekitar TKP banyak sekali massa. Padahal tiu juga di pinggir jalan raya. Dan yap semakin lama banyak massa yang datang, tapi tidak membantu. Mereka hanya melihat saja. Ada yang dibela-belain datang sambil membawa motor atau sepeda atau bahkan berjalan menggendong anaknya. Namun, yang ada mereka juga membuat macet jalan raya, dan menghambat evakuasi korban. Sampai-sampai petugas meminta mereka semua yang tidak berkepentingan untuk menyingkir.
Yap, itu sedikit pikiran dari aku. Tapi, masalahnya aku punya ide menulis ini tadi sore dan ngga langsung aku tulis dan alhasil sekarang cuma itu yang aku ingat haha.
Yasudah, intinya kerumunan massa yang tidak perlu itu kalau bisa sadar diri saja, jika memang keadaan menuntut untuk menyingkir lebih baik menyingkir saja. Lakukan saja hal yang kira-kira dapat membantu. Ini juga bukan berarti melarang adanya massa, sebab itu juga bermanfaat, dengan adanya massa informasi dapat tersebar, dan bantuan seharusnya bisa cepat datang pula.
Aiya ini ada berita kejadian yang sebenarnya kalau mau tahu. atau ini.


Semarang, 4 September 2011
-rida- 

Komentar

Postingan Populer